Touring kedua – Danau Ranau, Lampung – Sumatera Selatan

Kamis (17 Desember 2009) abis magrib, cek lagi perlengkapan yang kudu dibawa, lalu masukin ke tas, maklum belum punya box. Trus minta tolong dianter ama bro Aprita ke pos 3 (samping klinik, Ciputat), karena motor gw masih di rumah sakit alias bengkel bang Juki (ganti bearing belakang). Setelah berdiskusi dengan beberapa ranger yang sudah kumpul di pos 3, gw disaranin langsung menuju 2,5 (tepatnya di jalan panjang).

Diantar ama bro Ancha menuju 2,5 ternyata disana sudah banyak berkumpul ranger dari pos 2 khususnya. Biasa, setiap ketemu dengan ranger (anggota) atau rookie (pemula) pulsarian silaturrahmi dulu (kalau di 2,5 biasa menggunakan salam jari kelingking). Setelah check motor sudah sehat atau belum, lalu mengurus administrasi ke bang Juki, dan beres-beres lainnya. Tidak lama kemudian, tibalah bro Mufid, dengan membawa beberapa perlengkapan, terutama yang terlihat itu adalah bro Mufid bawa ban, ban luar tubless tentunya (sambil jualan katanya, xixixi..). Setelah silaturrahmi, bincang-bincang bentar, para rookie khususnya disarankan benragkat duluan menuju tikum utama dengan dipandu bro Mufid.

Ada sedikit keterlambatan perjalanan dari rencana sebelumnya yakni pukul 00.00 WIB menjadi pukul 01.00 WIB, keterlambatan ini terjadi dikarenakan beberapa ranger masih belum sampai di tikum perjalanan karena beberapa gangguan…..gak masalah….lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Setelah selidik punya selidik, ternyata salah satu kendalanya adalah karena salah satu ranger dari Surabaya baru tiba di Bandara, dan langsung menuju lokasi (wuih.. ternyata selain rider ti**r dan rider vi***n, ada juga wong Surabaya yang cinta ama neh Panser, hehe.. mantap).

Jumat (18 Desember 2009), seperti biasa beberapa kegiatan rutin dilaksanakan sebelum pemberangkatan dilaksanakan, pemeriksaan kondisi kendaraan, surat2 kendaraan (SIM C & STNK) serta kondisi fisik pengendara yang dilakukan oleh team PSRT (Pulsarian Safety Riding Team; Bro akbar #060 dan Bro Aldo #600)…Alhamdulillah seluruh peserta turing ini dinyatakan memenuhi syarat pemberangkatan meskipun ada sedikit kekurangan dari persyaratan, namun masih masuk dalam garis toleransi. Briefing dilakukan oleh RC (Road Captain; Bro Bagio #180) dan ditutup dengan do’a oleh Bro Edy Sunardi #112.

Tepat pukul 01.00 WIB, dengan diiringi lambaian tangan dari beberapa ranger yang hanya mengantar pemberangkatan ini, perjalanan dimulai dengan arah tujuan pertama yakni pelabuhan merak, namun sebelum kami memasuki pelabuhan merak, di Serang kami sudah ditunggu oleh sodara2 kami dari NITRO (CMIIW) yang akan mengawal kami masuk ke pelabuhan sampai dengan tempat dimana motor2 kami ditempatkan untuk parkir dalam kapal.

Hal yang SANGAT luar biasa kami lihat disini, mulai dari pintu masuk pelabuhan merak, kami terus dikawal hingga masuk kapal….pada saat berada dipintu masuk kapal, semua jalan kendaraan ditutup….kami dipersilakan masuk lebih dulu……kami diprioritaskan oleh rekan-rekan NITRO ini yang kebetulan saat itu, dikapal itu Ketua NITRO-lah yang menjadi nakhodanya……kami sangat bangga meskipun ada sedikit kekhawatiran akan pandangan2 negative dari orang2 lain disekitar kapal….tapi biar bagaimanapun juga kita adalah tamu, kita harus mengikuti aturan tuan rumah……tuan rumah ini sangat luar biasa baik….kami tersanjung……terima kasih banyak sahabatku…..

“Semua wajib tidur!!!”…..itulah perintah dari RC kepada kami setelah kami semua berada diatas kapal…tapi karena ada rasa kangen dari nakhoda kapal kepada ketumbar kita (Bro Edy Sunardi #112) dengan lapang dada ketumbar meluncur ke ruang nakhoda untuk beramah tamah dengan Ketua NITRO ini, ngobrol ngalor ngidul dan bertukar cendera mata disana.

Satu hal luar biasa lagi terjadi…..seorang Nakhoda kapal turun ke geladak parkiran kapal dan turut melepas kepergian kita…..”Thank u bro…!!! ati2 dijalan!!!.. ..formasi 2 yak….??!!!… …” teriaknya dan kami melambaikan tangan mengucapkan salam perpisahan….Indahnya persaudaraan…….

Etape kedua perjalanan dimulai dan titik tempat peristirahatan sudah ditentukan yakni di rumag makan “Begadang 3”….sekali lagi kedatangan kita sudah ditunggu saudara-saudara dari PCL (Pulsar Club Lampung) yang langsung dikomandoi oleh Bro Tom…salah seorang tokoh di Lampung…..namun sebelumnya dikarenakan ada keinginan dari salah seorang ranger (Bro Daniel #777) kepada kami untuk singgah dan sarapan pagi dirumah mertuanya, maka kami sempatkan dulu untuk meluncur kesana.

Pukul 10.00 WIB, dengan dikawal sodara2 dari PCL kami menuju “Begadang 3”..disana kedatangan kita sudah ditunggu oleh Bro Tom dan sebagian lagi rekan2 PCL lain…kami beristirahat, mandi (karena bro Tom telah mem-booking 1 kamar untuk kami mandi), makan siang dan sholat Jum’at…..review perjalanan dilakukan disini..

Dari “Begadang 3” ini, ketumbar (Edy S #112), Bro Pitoenk #178, Bro Mufid #116, Bro Agus Zolim dan Bro Joe mendapat tugas untuk menuju Danau Ranu lebih dulu untuk mengatur akomodasi disana.

Sekitar pukul 21.00 WIB rombongan kami yang dikawal 2 orang rekan PCL (Bro Toni; Ketua PCL dan Bro Syahrul) tiba di tempat penginapan. Perjalanan menempuh waktu sekitar 8 jam.

Setelah semua rombongan komplit dan selesai pembagian kamar dan beres2, acara makan malam dimulai….. review perjalanan dilakukan lagi disini..

Tidak ada acara khusus malam itu karena semua rombongan kami yakin sangat lelah terutama Rookie Putra yang mengalami kendala dimotornya….. semua beristirahat untuk acara pelantikan esok paginya.

Sabtu, 19 Desember 2009, acara pelantikan. Beberapa panitia dan rookie yang akan dilantik mulai keliatan sibuk dan beberapa ranger turut mendukung dan membantu pelantikan ini. Prosesi dimulai dari dibongkarnya beberapa parts motor-motor rookie dan mereka diperintahkan untuk memeriksa parts yang tidak lengkap tersebut dan memintanya kepada panitia untuk selanjutnya dipasang kembali dimotornya, mendorong motor dijalan menajak yang lumayan curam, mencuci motor mereka masing2 dan terakhir mencari nomer ranger mereka hampir ditengah danau ranau…

Pukul 13.00 WIB acara pelantikan kelar, dan semuanya makan siang, istirahat untuk agenda berikutnya, mandi air belerang. Pukul 16.00 WIB dengan menggunakan 3 buah kapal motor, kami berangkat menuju sisi sebrang danau Ranau untuk bermain-main air panas/belerang… .keceriaan sangat terlihat disini terutama Bang Juki Botak #018 yang sehari-harinya cuma nyongkel-nyongkel, ngutak atik motor doangan saat itu PUAS nyeret-nyeretin dan ngelemparin beberapa ranger yang awalnya gak mau ikut nyebur di air panas…..akhirnya semuanya nyebur (yang ini gw gak ikut, hiks..).

Sekitar pukul 18.30 WIB 11 orang sodara2 dari BCOP yang dipimpin babeh dan salah satunya keluarga kami di BIM (Bro Adhan) juga dikawal 4 orang rekan PCL (Bro Junet dkk) yang menggantikan tugas Bro Toni dan Bro Syahrul untuk menemani kami tiba di danau Ranau…..

Pukul 20.00 WIB kami, PCL dan BCOP makan malam bersama. Setelah BCOP dan PCL yang masih merasakan capek meminta ijin untuk masuk kamar masing2, kami meneruskan acara ujung dari pelantikan ini…..

Ujung pelantikan udah kelar, nomer ranger baru udah terpampang spakbor belakang motor-motor rookie….acara selesai…………..yang terakhir, malam itu kita bersama-sama melakukan pemeriksaan motor masing-masing sebelum besok paginya bersama-sama bergerak kembali ke Tangerang.

Minggu (20 Desember 2009), pukul 09.00 WIB setelah perut kencang diisi sarapan pagi, kami bersiap untuk meningalkan Ranau, kendala yang terjadi pada motor Putra, motor Yudi Melang dan Moses sudah dapat ditanggulangi. Rombongan siap berangkat!!!

Baru sekitar 2 menit kami bergerak meninggalkan ranau, kecelakan kecil terjadi terhadap Bro Andi Potek-potek yang cuma mengakibatkan lecet pada dengkul…..kami yakin kecelakan kecil ini merupakan teguran kepada kami yang LUPA untuk berdoa sebelum pemberangkatan pulang…..setelah menangani bro Andi Potek2, akhirnya kita berdo’a demi kelancaran dan keselamatan diperjalanan… ..

Perjalanan lumayan lancer….namun tiba2 kami mendengar lagi berita bahwa motor bro Putra trouble lagi….dan kali ini lumayan parah sampe nge-jump….titik akhir kerusakan dan tidak bisa dipaksa jalan lagi selain SETUT…..

Hal yang luar biasa kembali gw lihat yang kali ini didalam lingkungan internal rombongan ini sendiri, beberapa ranger/petugas yang merasa mampu dan mempunyai skil lebih menawarkan untuk membantu NYETUT motornya bro Putra.

Meskipun semangat temen-temen ranger disini untuk membantu bro Putra sangat pantas untuk diacungi JEMPOL tapi tetap kondisi fisik masing-masing tidaklah bisa dipaksakan…mereka capek….mereka bukan robot. Akhirnya karena ada penawaran dari seorang yang mengendarai mobil pick-up yang sangat baik hati dan kebetulan searah, akhirnye kami memutuskan untuk membawa motor putra kebengkel di Bandar Lampung dengan mobil itu…..

Perjalanan dilanjutkan…. mengingat ada 2 agenda yang harus dijalankan bersamaan yakni memperbaiki motor bro Putra di Bandar Lampung dan menyempatkan diri mampir ke acara selametan atas pernikahan salah satu rookie Panser (Bro Teguh) yang kebetulan berbeda arah…akhirnya kami memutuskan untuk membagi 2 rombongan, dan titik kumpul terakhir di bengkel BAJAJ Bandar Lampung sekaligus sebagai tempat pemberangkatan pulang….disini review perjalanan dibahas lagi…..

Senin pagi (21 Desember 2009), Pukul 01.00 WIB, bertolak dari Bengkel Bajaj Bandar Lampung, kami memulai kembali perjalanan diiringi jabatan erat dari sodara-sodara PCL yang masih tetap setia mengiringi perjalanan kami……jauh keliatan didepan ranger 112 dan 802 sepertinye kebelet dan mbetot gasnye kagak mundur2, he2..

Pukul 03.00 WIB kami telah masuk pelabuhan Bakauweni namun kali ini tanpa pengawalan dari sodara NITRO karena kebetulan pada saat yang sama sang nakhoda sedang menepi di Tanjung Priok…kami ngantri untuk masuk kapal sama perlakuannya dengan penumpang lainnya……

“Semua wajib tidur!!!”…..keluar lagi teriakan dari mulut besarnya RC bro Bagio #180, memerintahkan ranger yang lain agar supaya kondisi badannya tetap fit….

Pukul 06.00 WIB kami sudah tiba di Pelabuhan Merak dan diujung pintu keluar pelabuhan bro Bagio #180 yang kelihatan sangat gagah menutup perjalanan rombongan ini dan dipersilakan untuk menuju perjalanan pulang masing2 sesuai agenda yang telah direncanakan.

Perjalanan pulang, gw menacari kira-kira siapa yang sejalur dengan gw, akhirnya ketemu dengan bro Teguh, dan kami konvoi berdua. Sampai di Perumahan Citra, Cikupa kami harus berpisah, karena saya rencanakan untuk berkunjung ke rumah teman, sekalian istirahat. Tapi apa yang saya rencanakan ternyata tidak sesuai yang diharapkan, karena teman tersebut ternyata tidak kembali lagi ke Jakarta, alias cukup tinggal di kampung saja (alasan menjaga orang tua yang sudah sakit-sakitan). Akhirnya ngaso sebentar di Citra, tepatnya di lingkaran air mancur Citra (bagian depan). Bermodalkan roti dan air minum secukupnya, sambil ngaso secukupnya. Setelah kira-kira cukup, saya lanjutkan perjalanan. Dalam perjalanan, saya bertemu dengan ketumbar yang jalan sendiri. Kebetulan hujan turun, sehingga kami harus menepi di salah satu ruang makan

Kesimpulan dari Cerita ini:

1.SANGAT dibutuhkan kesabaran dalam turing jarak jauh….kalo udah mulai cape,  stress dan mudah tersinggung, mendingan cari bahan buat ketawa2 aja….dibikin ketawa aja dah……

2.NITRO  dan PCL (Pulsar Club Lampung) adalah klab motor yang berbeda merk dengan Pulsarian, tapi mereka tidak melihat perbedaan itu, mereka focus pada “brotherhoodnya”….sedikit2 kita (PULSARIAN) harus belajar seperti itu….

*tulisan ini adalah tulisan kolaborasi antara gw dan bro pitoenk (1 : 9 gw nulis 1, bro pitoenk nulis 9 hehehe..)

~ by Mora H. Ritonga on February 8, 2010.