Trik Menghapal Al-Qur’an

Potongan Surat Ar-Rahman

Potongan Surat Ar-Rahman

Bismillahirrahmanirrahim..

Salah satu trik ini terinspirasi dari plakat di jalanan yang saya lihat sewaktu pulang dari kantor, yang berbuyi:

Satu hari satu ayat.”

Dari pesan tersebut terlintas di pikiran saya, kenapa saya tidak bisa menghapal Al-Qur’an juga ya (setelah dengar bahwa di Palestina sana, banyak anak kecil yang sudah hapal Al-Qur’an) padahal kalau ditanya agama saya apa, sampai sekarang saya masih jawab Islam.

Sudah ah curhatnya, langsung aja, kebetulan saya punya laptop (mungkin pembaca punya laptop juga, komputer di rumah atau komputer kantor sekalipun), dan ternyata itu bisa dibuat sebagai jalan. Langsung aja, langkah-langkah yang saya gunakan adalah sebagai berikut:

(1). Anda harus punya software SetupQuranInWord2003 (bisa didownload dimana ya? mungkin anda bisa nyari di Google, atau kalau tidak mau susah-susah, bisa minta ke saya via email), dan program office anda berarti harus microsoft word 2003 (saya belum pernah nyoba di microsoft office 2007). SetupQuranInWord2003 tersebut diinstal di microsoft word 2003 tersebut.

Alt Al-Qur'an di Ms Word Office 2003

Alt Al-Qur'an di Ms Word Office 2003

(2). Setelah diinstal, pilih Alt+Al-Qur’an di Word 2003-nya, kemudian pilih Surah dan Ayat berapa yang ingin ditampilkan.

(3). Setelah ditampilkan (jangan lupan centang Ganti Baris), kemudian pilih Alt+View, lalu Reading Layout. Kemudian pilih Full Screen.

(4). Setelah di-Full Screen, kemudian Print Screen (dengan menekan Fn+PrtSc), lalu di-Paste di Program Paint. Setelah itu bisa di-edit di Microsoft Office Picture Manager (atau menggunakan program editor lain).

(5). Langkah terakhir, Picture tersebut bisa kamu jadiin Desktop Background kamu, dan terserah jumlah ayat yang kira-kira kamu targetkan yang harus kamu hapalkan. Bisa satu ayat untuk satu hari, dan sebagainya.

Semoga sukses (saya juga lagi mencoba)..😉

~ by Mora H. Ritonga on February 11, 2009.

5 Responses to “Trik Menghapal Al-Qur’an”

  1. Semoga berhasil buat mas Mora. Saya juga akan coba tips dari mas, mengingat juga saya belum nambah hapalan Al-Qurannya nih.. Padahal kalau saya ditanya juga, agama saya apa, saya masih jawab “Islam”

  2. nice tips

  3. kirim dong software SetupQuranInWord2003

  4. @anonym
    Yuk mas, kita bareng2 belajar..

    @jr
    Ikutan dong bos..

    @nagib
    Ok mas, tunggu aja ya, tapi benar kan email yang anda tulis, ntar saya kirim kesana..:D

  5. Ikutan apa nih?

Leave a Reply

 
