AIR TERJUN – SAMPURAN DAMPARAN (oleh-oleh Pulkam)

Seperti biasa, setiap lebaran saya sebagai anak rantau (dari jawa-Jakarta pulang ke sumatera) mudik ke kampung halaman. Kampung halaman saya tepatnya di desa Sipagimbar, Kecamatan Saipar Dolok Hole, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Bermudik dari Jakarta ke kampung halaman kemarin saya naik pesawat (dapat tiket seharga Rp 400 ribu-loh😛 karena mesannya udah jauh2 hari sebelum hari H ), dan kembalinya ke Jakarta saya naik Bis ALS (Executive bro, dingin euy.. harga tiketnya Rp 470 ribu,, loh murahan naek pesawat??!).

 

Yang paling utama yang ingin dikunjungi/ditemui di kampung adalah Ibu tercinta (kemarin itu lagi masak di dapur, dan tiba-tiba dari belakang saya peluk, dan alhasil ibu teriak kaget,, hahaha… untung aja ibuku masih sehat, Alhamdulillah, coba kalau punya penyakit jantung,, mudah2an jangan, Amien), kemudian suasana kampungnya yang masih khas, seperti biasa,, stay cool man!! (artinya, masih dingin men :P), teman-teman waktu kecil/teman main dulu, dan terakhir.. apa ya?? Oh iya, itutuh, “sapa tau ketemu dengan wanita cantik!!?” (he2,, maklum gw masih normal, masa nyari cowo, kata Iwan Fals).

 

Namun kali ini yang ingin saya ceritakan adalah tempat indah (saya perbagus namanya dari tempat hiburan) yang ada di daerah saya (ingat,, namanya Sipagimbar, atau Sipirok,, orang lebih banyak tau mungkin yang namanya Sipirok,, walaupun aslinya saya cemburu J ) yaitu air terjun (disana disebut dengan sampuran) Damparan.

 

suasana Damparan saat Lebaran

suasana Damparan saat Lebaran

Daerah ini berada di desa Damparan, kira-kira berjarak 20 km dari desaku (klo ada yang lebih benar, tolong koreksi ya, coz belum pernah saya ukur sendiri😀 ). Biasanya anak-anak remaja (biasanya berpasang-pasangan cewe-cowo) kesana dengan mengendarai sepeda motor (nama sepeda motor di tempatku disebut “kareta”, dan mobil malah disebut “motor”😀 ), tapi ada juga yang naik truk (biasanya anak-anak kecil, karena tidak adanya kendaraan khusus yang akan mengangkut ke tempat tersebut, dan tempat tersebut sangat jarang dikunjungi orang kecuali hari-hari besar seperti Lebaran ataupun Natal dan Tahun Baru) walaupun ada juga bis yang mengantar yang didatangkan khusus.

 

Saat hari besar tersebut, biasanya ada panitia khusus yang menyelenggarakan acara disana seperti adanya hiburan (tapi biasanya dangdut-an), sehingga menyebabkan yang ingin masuk ke daerah tersebut harus bayar sejumlah uang sebagai karcis (tiket masuk).

 

Air terjun ini airnya sangat bening, dengan volume kira-kira xx (gak tau gw, he2) dan panjang air jatuhnya sekitar 5-6 meter (apasih nama air jatuh? J) ),, dan terakhir,, bagusdeh😛

 

si Cantik dari Kampung

si Cantik dari Kampung

Maka, berkunjunglah..!! 😀

~ by Mora H. Ritonga on October 24, 2008.

47 Responses to “AIR TERJUN – SAMPURAN DAMPARAN (oleh-oleh Pulkam)”

  1. Ngg..lebih bagus mana dari Curug Cilember Bogor mas??😉

  2. Ente atur dah Mor, kapan kita bisa kesana……

  3. Jadi ingat kampung lihat Blog ini…..
    Ni Blog siapa ya…..

    Horas salam kenal…….

    Harahapdoaublogspot.com

  4. Jadi ingi pulang kampung neh
    Gw pernah ke sana malah tulang saya ada di damparan marga Pane
    Dulu neh….. Tulang tuh terkenal ma kebon jeruknya
    Tp. skarang gk tau masih ad pa gk…
    Horas …………
    Saya suka banget blog anda Trim\’s

  5. @Panangian
    Thx bro..
    Yuk, pulang lebaran ini, biasanya saya maen ke Damparan (liat2 orang, bukan semata liat damparannya).
    ntar sambil minta (minta,, beli..) jeruknya, he2..

  6. bia do puang dongan sahuta ana syamin pasaribu dari simangambat.thanks bngt atas upaya ente

  7. sama bagusnya dengan tempat saya di si goringgoring…..

  8. saya lagi buat situs http://www.sigoringgoring…. di tunggu ya….

  9. horas di hamu komandan, molo huida sampuran i got maridi muse ba tusi ari rayoo, ilham sian sipirok bahat famili di simangambat dht simanosor pesantren darul mursyid…!!!!!horas

  10. Horas juo ipar..
    au alak Sipagimbar, najolo sikola di Sipirok, di ginjangan (padang bujur, he2..)

  11. wa aupe sering tusi

  12. suka duka ku,, dahlan

  13. Alak dia hamu langa bos?
    au alak sipagimbar..

  14. salut u/ blog ini.. mmory Dapparan yang selelu saya lalui era 60 an’ Silattom Jae, Silattom Tonga, Dapparan, Tandosan sampai Simagambat jalan kaki (bln ada kendr} he.he… horas.. ma tu hita sasudena.Fr Balikppn-kaltim.

  15. Horas juo tu ipar A.S.Harahap..
    Salam kenal,, klo mau maen lagi nanti ke Damparan, kabar2in aja, he2..

  16. bentar lagi lebaran.selamat berkunjung ke tempat saya,jagan lupa mampir rumah saya di samping mesjid.

  17. Heh..!!
    siapa kamu?

  18. ne marah,nanya,ngancam ato apa?sy veronika marpaung.salam kenal.GBU.

  19. ehehehe…
    cuma mancing biar muncul lagi, trus biar kenalan deh.. hehe
    halak dia ito? idia bagas ta? samping masojid dia?
    au di sipagimbar dah..
    arrayoon pasuo ita olo?!

  20. GMN LBRNYA TO?RAME G DI DMPRN?KRM FOTONYA DONk.

  21. oh..iya, kenapa ya dari tahun ke tahun air terjun sampuran damparan gitu2 ja? gak ada y berubah…
    lebaran kemarin ja pengunjung yang datang berkunjung sepi banget, padahal g lagi musim ujan lo.
    sebenarnya, potensi sampuran kita itu sangat bagus. pengelolaan y kurang membuat wisatawan malas dtg untuk berkunjung.
    mari kt bayangkan, seandainya saja motor/kareta bisa turun sampe ke bawah lokasi air terjun, kan udh g capek lg jalan naik turun. kalo sampuran damparan di kelola dengan baik, masyarakat SD.Hole akan banyak y di untungkan. coba kt lihat aek sijorni y ada di batang toru, rame kan… padahal itu cuman sungai, g ada air terjun nya.
    kemarin saya berjualan topi dan kaca mata disana, alhamdulillah hasilnya sgt menguntungkan. semoga saja hati masyarakat disana tergugah n melihat bahwa itu adl suatu peluang usaha.

  22. Saran yang bagus kahang..
    Mari kita tingkatkan terus pariwisata S.D.Hole..

  23. mnrt sy akn lbh bgs klo jln mnju smpuran di renovasi,klo jlnnya bgus dihiasi taman akn lbh mengairhkn,jln satu jampun g bkl jenuh.dan klo berfikir untuk membuat jln spy bs msuk motor,susah.lagiankan pemuda pemudi akn lbh terksn ketka jalan bersma k bwh.tapi memang sayang,yg punya tanah kurang aktif.

  24. saya juga pernah berjalan ampek 4 jam dri sipagimbar,kami mengadakan vollyball di dapparan,wuh asik benar tu dapparan,q di ajak anak tapus n nak sunge pining,ee ternyata lokasinya hingga skrng gak terlupakan.thaks for you.tahun baru ne q ada rencana mo ke dapparan?

  25. Sayang sekali, awak gak pulang pas tahun baru nanti..

  26. oooo bang mora manetek aek ni matakku mambaca blog ni abng on,,,
    si cukman do au bng adk ni bng ed,,

    malungun au tuhuta bng ma satonga taon inda mulak bng,,

    malungun au masakan ni uma…

  27. ala puang…
    malungun nimmu dah..
    adope, pakumpul majo amunisi (hepeng, kabar baik misal karejo dan sebagainya)
    baru siap2 mulak arrayo na got ro on..
    mar sehata-an hita…🙂

  28. lebih bagus aslinya dari pada di foto yah….saya asli penduduk sana…

  29. benar bang melihat blog ini buat pengen pulang kampung…
    hahahah

    sekarang smua sudah brubah bang..!!
    sudah semakin maju…!!

    salam saya satriadi pranata, putra daerah sipagimbar..

  30. ayo smua mandy dy sampuran damparan……………..

  31. hmmm……klo udah ke damparan. pasti lupa pulang kermah.
    (by:bayo parsuluman)

  32. horas…haras..horas lae ai lae tinodohon nisi muara hakim do tahe ?? alana dang pola takkas be hu tanda lae

  33. ammado,
    botul mai lae..
    apalagi manginap disi, pature tenda,
    piknik na ninnai, hehehe

  34. imada tutu abanganda, hehehe…
    au tinggal di bogor, sedangkan bang hakim di Bekasi.
    ai, ise do abang?😀

  35. damparan hutakku na jogi, i miss u dapparan by basra pasaribu keluarga

  36. sipagimbar dimananya. ?
    tulang aku juga ada di sana. .
    bukannya sampuran ni di dekat lobu sinaungan. ?
    tolong balas ke fb aku. . @aim astrea. .🙂

  37. Salam kenal juga tulang…
    Umak awak boru Pasaribu dari Tarutung hehe

  38. Sipagimbar, deket mesjid rumahku kawan…
    lobu sinaungan, kayaknya pernah dengar, tapi gak tau pastinya dimana.
    fb awak morahertanto@gmail.com

  39. Hai to, aku orang damparan juga lho. Makasih udah memperkenalkan damparan terutama sampuran kepada dunia luar.

  40. yo..
    salamkenal,
    nanti pas awak balik kampung lagi, akan ane update kabar terbaru🙂

  41. Adoh mantapp kali memang damparan ini bah..
    Memang awak marga gultom , mamak awak HSB , tapi Opung awak RITONGA tinggal di simangambat ..
    Objek wisatanya emang mantapp bener..

    Sayang nya awak waktu ke sana hujan pula (Biaya masuk 15.000) Karena hari ke 2 Lebaran 2012

  42. jagolap golap pasar lama horas,

  43. sarupo mantapna aek dapparan dohot aek simotug di dolokni ht nami ht julu , horas sude halak sahuta

  44. ise dei jow ????

  45. ama, serius dei anggia?
    hehehe
    adong dehe gambarna?

  46. bo aw pe appara halak sigoring2 do aw,nangge talu aek simotug nai nyan ngen sappuran tao
    by,gultom

  47. oke bro

Leave a Reply

 
