Syarat-syarat Ngurus KTP baru

ktp-depanHari pertama

Ini adalah pengalaman saya ngurus KTP dan Kartu Keluarga baru, pindah dari Tangerang ke Jakarta. Saya ketik dalam bentuk poin aja ya:

  1. Mintra surat pengantar Pindah KTP dari Kelurahan asal.
  2. Setelah dapat surat pengantar Pindah KTP dari Kelurahan, kemudian ke Kecamatan, bawa pasfoto ukuran 2×3 sebanyak 2 lembar, terserah warna atau hitam putih aja.
  3. Setelah dapat surat pengantar dari Kecamatan, kemudian ke kantor Catatan Sipil, jangan lupa juga siapkan pasfoto ukuran 2×3 atau 3×4 satu lembar, terserah warna atau hitam putih aja.

Hari kedua

  1. Setelah mendapat surat pengantar dari Catatan Sipil asal, langsung melapor ke RT tujuan alamat baru kita untuk meminta surat pengantar pembuatan KTP dan Kartu Keluarga baru.
  2. Setelah dapat surat pengantar dari Pak RT, lalu meluncur menuju kelurahan tujuan. Nantinya akan mendapat surat pengantar juga yang ditujukan untuk Catana Sipil di kantor kecamatan.
  3. Setelah dapat surat pengantar dari kelurahan, lalu menuju Kantor Kecamatan seksi Catatan Sipil. Dapat surat pengantar lagi (atau tepatnya klo saya tidak lupa, seperti isian kependudukan baru).
  4. Setelah dapat pengantar lagi, lalu menuju kelurahan, dan disana kita akan mendapat Resi KTP (KTP sementara). Butuh waktu 6 bulan untuk dapat KTP asli kita

Hari ke-180 (alias setelah 6 bulan lebih)

Nah, baru kita dapat KTP asli (yang ada nomor KTP-nya). Dan proses ini bisa dipercepat menjadi hanya dua hari saja, dengan membayar Rp 120.000,- (waduh, sistem pemerintahan kita makin buruk aja klo semua harus dan bisa disogok – red). Dan satu lagi catatan penting, sebenarnya pembuatan KTP ini, baik dalam mengurus surat pindah dari daerah asal maupun di daerah tujuan, tidak ada pungutan biaya. Salahnya saya waktu itu adalah, setelah misalnya selesai mendapatkan surat pengantar, saya tanyakan, “berapa Pak Biayanya kira2?”, dan dengan bijaksana, si Bapak biasanya selalu bilang, “Ah, adek, kita sama-sama saling membantu aja, tidak ditentukan berapa jumlahnya, terserah adek saja..”, dan dengan bijaksana pula, saya akan mengeluarkan minimal (karena kasihan, malu, atau bla2) Rp 10.000,-. Tapi setelah sampai di daerah tujuan, saya tidak menanyakan pertanyaan jitu tersebut (berapa harganya), dan hasilnya sangat menakjubkan, tidak ada yang berani minta, lah,, wong itu memang gratis, piye iki…

About these ads

~ by Mora H. Ritonga on April 14, 2009.

22 Responses to “Syarat-syarat Ngurus KTP baru”

  1. hahahahahaha
    gimana mau kawin dari luar daerah ribet!!!

  2. salam kenal mas, kelihatannya prosedur ini berlaku seluruh nasional, ngurus KTP di Surabaya juga sama. Data kurang akan selalu ditolak untuk dapat rekomendasi dari catatan sipil. repot memang ngurus KTP sekarang, apalagi pindahan dari daerah ke kota seperti saya. tks sharing infonya Mas. Salam

  3. terima kasih infonya,
    kelihatannya saya juga mau buat KTP tangerang.

    Salam Kenal,
    http://www.jiwamalam.wordpress.com

  4. [...] coba cari pembanding lain dengan cara jalan2 di desa www ini, dan ternyata kawan dari Jakarta pun memiliki pengalaman yang sama. Bedanya KTP dia sudah jadi, KTP saya belum. Entah [...]

  5. Salam kenal. Saya coba googling tentang syarat di jakarta ternyata ada minta surat kelakuan baik. Anda tidak diminta ya.. saya pindah dari makassar ke sidorajo sudah bawa berkas yang sama dengan anda dianggap belum lengkap..

  6. thx banget u/ infonya….
    saya baru minggu yg lalu urus pindahan KTP TG. Priok ke BSD.
    meamng tidak ada yang minta biaya kecuali , di kantor Kecamatan , bagian KASI , cewek muda yg cantik….., minta biaya admt. Rp. 10.000,- ( duh……. pantesan dia pakai BB, sdh banyak untungnya ya……. )

  7. klu pembuatan KK baru bagainmana ya….
    apakah ada biaya ……
    Thx sebelumnya

  8. Klo mengurus KK baru saya belum pernah mas, mungkin ad areferensi lain yang bisa dibuat acuan, coba cari di google.
    (tips sederhana aja, begitu dapat nomor telepon di google tersebut, langsung telepon aja, biar lebih enak).

  9. Salam kenal juga mas..
    Hmm.. pindah dari makassar ke sidorajo sudah bawa berkas yang sama tapi dianggap belum lengkap, coba perjelas lagi aja mas apa aja yang belum lengkapnya. Klo emang surat keterangan berkelakuan baik yang kurang, silahkan diurus saja. Mungkin saja ada perubahan yang mendadak tanpa pemberitahuan sebelumnya. cmiiw

  10. Mungkin bisa di-share lagi mas cerita lengkapnya,, tertarik neh kayalnya he2..

  11. Hehe…
    mturswun Infonya. Aya juga mo share ttg pindah KTP ma KK.
    sbenernya siy ga seribet yg kita pikir, kalo qta dpt info yg sedetil-detilnya dari catatn sipil setempat. Msalahnya pusat informasi di Tuban sendri hanya ditempel. Tau sendiri klo qta males banget baca, mending mendengar, ya ga?
    Pertama, surat keterangan pindah dari catatan sipi dari drh asal, sebelum itupun ada saratnya, dari RT minta blangko pindah tempat terus ke catatan sipil drh asal, skalian minta ke polsek setempat utk surat kelakuan baik. Jaga2 klo nti diminta.
    Kedua, setelah dapat surat keterangan pindah. ke daerah yg dituju minta surat keterangan domisili dari RT dan RW setempat dan blangko (ingat harus ada stempel).
    Ketiga, ke Keluahan drh yg dituju. beli blangko KK, dan KTP. tnda tgn lurah setempel.
    Keempat baru ke Catatan Sipil, register trus dikasi kwitansi ambil KTP 10 hr kerja. tanyakan saja ada yg bisa bantu selese cepet ga? klo ga ada tunggulah.

    itu aja, klo ada yg beda, itu kebijakan drh setempat. Selamat meribetkan diri… haha….

  12. gw ngurus semua udah lengkap 8 bulan nie masih belum jd juga setannnnnnnnnnnnnn anjing RT

  13. udah bayar duit lg 650rb tetep ajach lama 8 bulan dr sebelum kawin ampe udah mau lahiran nanti bngrus akte kelahiran istri gw gmn yak setannnn

  14. yang sabar mas Chris…
    coba caritau lagi, jangan-jangan ada miss-komunikasi disitu..
    atau lebih baiknya klo ada yang kenal di kantor lurah, tanya langsung..
    atau klo bermasalahnya di RT, coba ke jabatan yang lebih tinggi dari itu.
    semoga membantu

  15. lam kenal mas, yang anda tulis di atas tadi berbeda bila pindahnya ke TANGSEL, di TANGSEL harus di sertakan juga SKCK. Sungguh terlalu ribet pindah ke TANGSEL

  16. Salam kenal mas,
    Sm percis mas cara dan syarat’y,,klo sy dr bogor ke jkt,krna suami sy sbk trs dan posisi sy lg hamil jd diurus’in sm ketua RT yg br trnyata minta byr 600rb,suami sy nawar akhir’y 500rb sj(heran buat ktp pake acra tawar menawar).500rb sy byr dgn ktp cpt jd 3 hari/seminggu paling lambat bgt 14 hari,tp trnyta sy tunggu smpe sbln lbh ktp blm ada jg smpe skrg.sy mau lapor kemna yaa,qra2?tw gitu klo lama proses sy bwt sndri syg’y sy lg hamil klo g sy bwt sndri.

  17. hmmm..
    beda beda berarti ya, dari dan ke….
    Memang saya juga sudah merasakan, sungguh terlalu ribet urusan berpindah-pindah KTP ini,
    hehehe
    Bahkan saya sekarang tinggal di Bogor, namun KTP saya tetap aja lah di jakarta, malas ngurusnya, hehehe..
    tetap semangat mas :)

  18. lapor kemana?
    mungkin komplen ke pak RT-nya aja bu, wong dia yang ngurusin,
    klo perlu bawa suami bu ke rumahnya,
    atau bukannya kadang2 ibu2 yang lebih galak :D

  19. iya nih sy mau tanya sy mau mengurus surat pindah dari bogor ke jakarta prosedur nya bagaimana..ya??

  20. Coba cara2 saya yang di atas itu mas :)

  21. sekarang lebih ribet lagi masa musti minta skck/skkb dari daerah asal

  22. hmm.. begitu ya mba..
    makanya saya juga sebenarnya sekarang tinggal di bogor, namun ktp masih jaksel hehehe
    saya takut ribet :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: